Bahan Tekstil: Tips Memilih Bahan Tekstil yang Tepat


New Products

Memilih kain tekstil untuk dibuat menjadi pakaian adalah hal yang sudah biasa dilakukan. Hanya saja, kini banyak hal yang harus anda perhatikan karena tidak semua bahan tekstil memiliki kualitas yang sama. Di tambah lagi, kelakuan nakal para pedagang yang menawarkan bahan tekstil kualitas rendah dengan harga yang tinggi patut diwaspadai. Jika anda tidak ingin tertipu dengan kelakuan pedagang yang nakal seperti itu, simak beberapa tips berikut yang mampu mempermudah anda dalam memilih kain tekstil yang akan anda beli.

1. Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai bahan serat tekstil. Serat yang digunakan dalam bahan tekstil dapat dibedakan menjadi dua, yaitu serat tekstil alami atau buatan. Serat tekstil yang terbuat dari serat alami biasanya lebih mahal dan juga akan memiliki kualitas yang lebih tinggi karena jauh lebih nyaman jika dikenakan. Banyak orang yang berpendapat bahwa serat yang alami akan lebih sejauh dikenakan dari pada serat tekstil yang buatan.

2. Selanjutnya, anda perlu mempertimbangkan kain tekstil yang akan anda beli dengan kegunaannya. Dalam hal ini, anda tidak peerlu membeli kain bahan tekstil yang mahal jika hanya untuk keperluan rumah tangga atau pakaian sehari – hari. Jika anda akan membeli kain tekstil untuk keperluan resmi sperti untuk membuat gaun pesta, kebaya, atau seragam kantor, sebaiknya anda memilih kain yang memiliki kualitas tinggi. Sesuaikan juga dengan keperluan anda, seperti keperluan untuk pakaian anak, pakaian rumah tangga, atau pakaian untuk lenen. Untuk pakaian anak, anda sebaiknya memilih kain tekstil yang memiliki bahan yang tergolong kuat. Selain itu, bahan yang tidak menghantarkan panas juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Anda sebaiknya memiliki langganan toko kain tekstil yang sudah anda miliki sejak lama. Memiliki toko langganan penting karena anda bisa memilih kain yang berkualitas dan yang tidak. Selain itu, jika anda akrab dengan pemilik toko atau karyawannya, anda akan lebih mudah dan juga justru memiliki akses untuk memilih lebih bebas kain mana yang berkualitas dan kain mana yang tidak berkualitas. Ditambah lagi, anda akan terhindar dari kelakuan nakal pedagang yang menjaul kain kualitas rendah dengan harga tinggi.

4. Kenali beberapa bahan tekstil, seperti bahan serat dan juga bahan – bahan kain untuk membuat tekstil. Serat – serat yang dimiliki kain tekstil memiliki sifat yang berbeda – beda. Ada yang mampu menghisap air atau keringat, ada yang bersifat kuat, tahan lama tahan ngentat, ada juga yang bersifat elastis, memiliki warna yang berkilau, dan juga ada kain tekstil yang warna cepat pudar atau luntur. Anda perlu memperhatikan beberapa sifat tekstil tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

-

Comments are closed.